Jumat, 03 Februari 2012

LAPORAN KEGIATAN KARYA WISATA KE PULAU BALI

Laporan ini diajukan untuk memenuhi tugas mata pelajaran
Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2010/2011

SMA NEGERI 1 PANGKAH
Jln.raya kalikangkung.Pangkah.Tegal

LEMBAR PENGESAHAN

Setelah diperiksa dan diteliti secara cermat, maka laporan perjalanan ini
disahkan pada :

DRS.MZ MUTTAQIEN Hesti Peni Yuliani Spd
NIP: 195611301986031005 Nip: 19700726 199702 2004

HALAMAN PERSEMBAHAN

Karya Tulis ini kami susun tidak hanya untuk memenuhi Tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2010/ 2011, tetapi juga sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta lebih mencintai keindahan alam Negara kita diantaranya Pulau Bali.
Maka kami ucapkan terimakasih kepada :
1.      Bapak Drs.Mz muttaqien selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Pangkah yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan karya wisata di Pulau Bali.
2.      Ibu Anti Budiwati S.Pd. selaku wali kelas kami
3.      Ibu Hesti Peni yuliani Spd. selaku guru Bahasa Indonesia kami yang telah memberikan pengarahan dalam penyusunan karya tulis ini.
4.      Bapak dan Ibu Guru pembimbing yang telah menjaga, mendampingi, dan memotifasi kami selama perjalanan karya wisata ke Pulau Dewata.
5.      Semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan karya tulis ini sehingga karya tulis ini dapat terselesaikan dengan baik
Kami berharap dengan selesainya Karya Tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

MOTTO

“Perbedaan Tidaklah Selalu Lebih Baik, Akan Tetapi Yang Terbaik Selalu Berbeda”.
ü
“Kesenangan Dalam Pekerjaan Membuahkan Hasil yang Sempurna”.ü
“Hanya Kebodohan Meremehkan Pendidikan”.ü
“Kejujuran Adalah Kunci Kesuksesan”.ü
“Belajarlah Selagi Kau Bisa”.ü
“Dosa yang sangat berbahaya adalah yang merasa tak berdosa”.ü
“Sukses tidak pernah datang kepada orang yang malas”.ü
“Kejujuran adalah kebijaksanaan yang paling baik”.ü
“Pendidikan itu adalah perhiasan di waktu senang dan di tempatü
berlindung di waktu susah”
“Koreksilah dirimu sendiri sebelum kau mengoreksi orang lain”.ü
 “Ilmu tanpa diamalkan ibaran pohon tak berbuah”ü

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hanya atas rahmat dan petunjuk-Nya saya dapat menyelesaikan penulisan karya tulis ini, namun hal ini tidak lepas dari bimbingan Bapak dan Ibu guru. Melalui karya tulis ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru yang telah mencurahkan dan membimbing saya dalam penyusunan karya tulis ini.
Dan tidak lupa kami menyampaikan banyak terima kasih kepada:
1. Bapak Drs.Mz Mutttaqien selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Pangkah yang telah mengijinkan kami dalam melaksanakan karya wisata.
2. Bapak M Yahya S.Pd selaku wali kelas kami yang telah memberikan petunjuk dan bantuan dalam penyusunan karya tulis ini.
3. Seluruh Bapak/Ibu guru pengajar yang telah membantu dan membimbing kami dalam penyelesian tugas karya tulis ini
4. Dan semua kawan – kawan yang telah membantu dan mendukung
kami dalam penyelesaian tugas karya tulis ini
Dalam penulisan karya tulis ini pastilah ada banyak kendala yang saya temui namun saya berhasil menghadapinya dan menyelesaikan karya tulis ini tepat waktu. Akhir kata jika ada sesuatu pada khususnya kata-kata yang tidak berkenan pada hati pembaca mohon dimaklumi.
Terakhir, harapan kami semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dalam pemenuan informasi mengenai obyek-obyek wisata, khususnya di Pulau Bali.

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Latar Belakang pembuatan laporan ini didasarkan pada minat serta kecintaan siswa khususnya bagi para pelajar SMA N 1 Pangkah, karena pada dasarnya siswa sekarang cenderung kurang berminat untuk pergi ketempat wisata yang mempunyai nilai sejarah dan pengetahuan yang tinggi.Mereka lebih cenderung pergi ke tempat perbelanjaan yang kata mereka bisa bikin hati mereka senang. Padahal kalau kita menyadari dan mengamati dengan saksama tempat rekreasi yang berbau sejarah misalnya saja museum,disana kita jauh lebih merasakan kepuasan yang tidak bias dibayar dengan apapun. Karena selain memperoleh pengetahuan tentang sejarah masa lalu,peninggalan – peninggalan bersejarah zaman dulu kita juga dapat berwisata budaya .
Di era globalisasi seperti sekarang ini kita harus pintar menggali,melestarikan dan menguasai budaya negeri karena dengan bekal itu kita bisa menunjukkan kepada dunia bahwa budaya kita mampu bersaing dengan budaya barat pada khususnya. Dan kita juga harus bangga pada budaya sendiri, karena bangsa yang pintar itu adalah bangsa yang mau menghargai dan melestarikan budaya bangsa
B. TUJUAN
Tujuan khusus:
 Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII tahun ajaran 2010/2011.
Tujuan Umum:
 Penulis ingin memperkenalkan profile objek-objek wisata yang ada di pulau Bali kepada pembaca
§
 Sebagai wawasan tambahan informasi serta menperbanyak pengetahuan.
§
 Sebagai latihan untuk memperlancar sastra dan bahasa
§
 Sebagai perbandingan antara teori di kelas dan kenyataan di Lapangan
§
 Menanamkan rasa Cinta Tanah Air.
 Mengenal kebudayaan Nusantara.
 Untuk berlatih menyusun Karya Tulis secara Sistematis

C. MANFAAT PENULISAN
 Sebagai tambahan materi diluar sekolah.
§
 Melatih siswa agar dapat mengolah laporan widaya wisata
§
 Menambah pembendaharaan pustaka sekolah yang menunjang minat baca siswa agar pengetahuannya lebih luas
D. SISTEMATIKA
Dalam karya tulis ini penulis akan menyebutkan terlebih dahulu garis besar sistematika karya tulis, agar pembaca mengetahui isi karya tulis ini secara jelas. Adapun sistematikanya adalah sebagai berikut :
BAB 1 PENDAHULUAN, meliputi :

BAB II

ISI

A. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Karya wisata ini dilaksanakan pada liburan akhir semester tepatnya pada tanggal 20 juni 2010 - 24 juni 2010. penulis berada di pulau Dewata Bali selama 5 hari dan mengamati objek wisata selama 3 hari di pulau Dewata Bali.
1. Pemberangkatan ke Pulau Bali
Pemberangkatan pada hari minggu, tanggal 20 juni pukul 07.00 WIB. Sebelum pemberangkatan siswa-siswi berkumpul di SMA N 1 Pangkah pukul 06.30 WIB. Bpk.Drs. Mz .Muttaqien selaku kepala SMA N 1 Pangkah memberikan pengarahan kepada siswanya yang akan melakukan karya wisata ke Bali. SMA N 1 Pangkah memberangkatkan 4 Bus dengan 8 guru pembimbing.

2. Perjalanan ke Pulau Bali
Pada saat – saat pertama dalam perjalanan kami, semua sangat ceria karena kami belum merasakan lelah. Masing – masing peserta sibuk dengan kegiatanya sendiri – sendiri ada yang saling bercanda, bernyanyi, membaca novel, mendengarkan musik, dan ada juga yang hanya menikmati pemandangan di luar. Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 WIB, kami sampai di rumah makan di kota Waleri didekat kota Kendal. Setelah kami makan siang, Kemudian kami melakukan perjalanan lagi. Pukul 18.30 WIB kami makan malam. Selesai makan malam, kami melanjutkan perjalanan. Suasana di dalam bus kembali ramai karena teman – teman telah mendapatkan dan menikmati makan malam mereka, mereka kembali bergurau dan beryanyi.
Bus terus melaju dalam kegelapan malam yang dingin, suasana bus tetap ramai. Senin,tanggal 21 juni pukul 04.00 WIB kami sampai pelabuhan ketapang Banyuwangi. Disana suasana penyebrangan sangat padat sekali,sehingga kami dapat menyebrang ke pulau Bali sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam perjalanan selama 1 jam kami menyebrang ke pelabuhan Gilimanuk Bali.

3. Perjalanan di Pulau Bali
Hari pertama sampai bali langsung ke tanah lot, kira-kira sekitar jam 3 sampai jam 4 sore kami di tanah lot. Terus dilanjutkan ke Art Shop Dewata, setelah itu kami chek in ke Hotel Mutiara. Setelah itu kami istirahat, tapi temen-temen di suruh istirahat malah tidak istirahat. Ada yang karokenan dan ada yang jalan-jalan.
Selasa, 22 Juni 2010 pada pukul 07.00 WITA kami makan pagi bersama. Setelah itu melanjutkan perjalanan untuk melihat tarian Barong khas Bali. Kemudian kami melanjutkan ke Cah Ayu dan dilanjutkan ke Tanjung Benoa sebuah objek wisata air sampai disana sekitar pukul 12.00 WITA. Setelah itu kami menuju ke objek wisata Garuda Wisnu Kencana. Setelah puas di Garuda Wisnu Kencana, di lanjutkan Perjalanan ke Pantai Kuta, di Kuta sangat panas cuacanya kami melanjutkan perjalanan menuju ke hotel untuk beristirahat.
Rabu,23 Juni 2010 pada pukul 07.00 WITA kami makan pagi bersama dan Cek Out untuk pulang kembali ke Tegal. Sebelum pulang ke Tegal kami menuju Pasar Sukowati dan dilanjutkan ke Jogger setelah itu kami ke Bedugul sambil berwisata. Dan dilanjutkan perjalanan ke Gilimanuk, sampai di gilimanuk kira-kira jam 17.00 WITA untuk pulang ke SMA N 1 pangkah.
Kamis, 24 Juni 2010 pukul 24.00 WIB kami tiba di SMA tercinta dan para orang tua murid telah menanti kami.

B. TUJUAN KUNJUNGAN

A. Sebagai wawasan tanbahan informasi serta memperbanyak pengetahuan
B. Untuk memperkenalkan objek-objek wisata dan budaya yang ada dipulau Bali.
C. Pembaca mengetahui sedikit tentang pulau Bali dan Seni budaya di Bali dan objek-objek wisata yang ada di Bali

3. OBJEK WISATA
1. PANTAI KUTA
A. Sejarah Pantai Kuta
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.
Sejarah ini bermula dari 300 tahun yang lalu telah dibangun sebuah konco di pinggir “Tukad Mati” dimana sungai tersebut, dahulu dapat dilayari. Perahu masuk ke pedalaman Kuta, sehingga Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Mads Longe seorang pedagang Denmark abad ke 19, mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut.Selama tinggal di Bali dia sering menjadi perantara antara Raja-Raja Bali dan Belanda. Mads Longe meninggal secara misterius. Kuburan Mads Longe terletak di sebelah konco di pinggir sungai tersebut. Dahulu Kuta adalah sebuah desa nelayan yang sunyi, sekarang telah berubah menjadi kota kecil lengkap dengan kantor pos, kantor polisi, pasar, apotik, photo centre dan lain-lain. Sepanjang pantai pasir putih yang berbentuk bulan sabit tersebut terhampat banyak hotel mewah
B. Letak Pantai Kuta
Pantai Kuta lokasinya yang berada di 11 kilometer sebelah selatan Denpasar dan dapat dicapai dengan mudah menggunakan transportasi umum dari terminal bus Tegal dengan perjalanan kira-kira 15 menit. sehingga sangat mudah dijangkau.

C. Suasana Pantai Kuta
Pantai Kuta merupakan salah satu pantai yang ada di Bali. Pantai ini merupakan tempat wisata yang sangat indah, sehingga tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara

Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.
Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.
2 GARUDA WISNU KENCANA
Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

Terletak diatas dataraan tinggi batu kapur padas dan menatap kawasan wisata dipesisir selatan Bali, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah jendela seni dan budaya Pulau Dewata yang memiliki latar belakang alami serta panorama yang sangat mengagumkan. Dengan jarak tempuh 15 menit dari Pelabuhan Udara dan kurang dari satu jam dari lokasi perhotelan utama, GWK menjadi salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran dan konferensi ataupun kunjungan santai bahkan kunjungan spiritual.
Kawasan seluas 250 hektar ini merangkum berbagai kegiatan seni budaya, tempat pertunjukan serta berbagai layanan tata boga. Sebagaimana istana-istana Bali pada jaman dahulu, pengunjung GWK akan menyaksikan kemegahan monumental dan kekhusukan spiritual yang mana kesemuanya disempurnakan dengan sentuhan modern dengan fasilitas dan pelayanan yang tepat guna. Kendatipun anda datang sebagai bagian dari ribuan pengunjung sebuah event kebudayaan ataupun seorang diri untuk menikmati sekedar hidangan ringan dan minuman sembari menyaksikan matahari terbenam, anda akan merasakan keindahan alam dan budaya Bali serta keramah-tamahan penduduknya

TEMPAT UNTUK BERBAGAI KESEMPATAN
Dengan curah hujan yang relatif rendah namun terbuka untuk dapat menikmati hembusan angin tropis, Fasilitas yang dimiliki GWK menjadi sangat ideal. Amphitheatre dengan kapasitas 800 tempat duduk dan tatanan acoustic kelas satu, merupakan tempat yang tak tertandingi untuk pagelaran seni budaya. Lotus Pond yang dikelilingi pilar-pilar batu cadas serta latar belakang patung kepala Burung Garuda menjadikan areal berkapasitas 7500 orang ini sangat dramatis untuk berbagai perhelatan akbar. Sebagaimana arena upacara desa-desa di Bali, Street Theatre merupakan tempat yang sangat tepat untuk berbagai prosesi, fashion show dan berbagai pertunjukan bergerak. Tempat untuk beramah-tamah yang ideal adalah Plaza Kura-kura, yang memiliki kapasitas sampai 200 orang. Sebagai tambahan, yang terbuka untuk umum, Exhibition Gallery yang memiliki luas 200m2 terdapat 10m2 halaman terbuka di dalamnya.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) begitu hebat. Sebuah mini-city dengan segala fasilitas hiburan, shopping dan tempat rekreasi seluas puluhan hektar. Tentu saja jgn lupakan patung GWK itu sendiri. Rencananya akan menjulang setinggi 128 meter dan konon merupakan yg tertinggi di dunia untuk kategori Statue.
Pada objek Garuda Wisnu Kencana ini terdapat dua patung yang sangat besar dan bagus sekali yaitu :
1. Patung Dewa Wisnu, patung ini berwarna agak kebiru-biruan dan terbuat dari perunggu dan emas yang dicampur dan kemudian dibuat lempengan-lempengan. Ketika penulis pergi kesana pembuatan patung itu belum selelsai karena bauru 15%. Rencananya patung itu akan dibuat menjadi patung terbesar di dunia.
2. Patung Garuda, patung ini berwarna hitam dan juga terbuat dari perunggu dan emas yang dicampur. Patung ini terletak diatas padang rumput yang luas.

3. TANAH LOT

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata diBali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha.
Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.

Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak dijumpai art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.

Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersembahyang di Pura Ini.

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya dapat dibuat kesimpulan
sebagai berikut :
1. Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung.
2. Di Pantai Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.
3. Pantai Kuta juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

B. KRITIK DAN SARAN
Akhirnya dengan rasa syukur kami ucapkan “Alhamdulillah” karena kami
dapat menyelesaikan karya tulis ini.
Dari hasil penyususnan karya tulis ini maka penulis bisa memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Kebudayaan merupakan warisan nenek moyang dan warisan kita bersama maka dari itu harus kita jaga dan lestarikan bersama.
2. Mengembangkan dan meningkatkan usaha pemerintah dalam melestarikan serta menjaga kebudayaan Indonesia.
3. Segala fasilitas, sarana dan prasarana serta pelayanan terhadap pengunjung di Tanah Lot agar lebih bisa ditingkatkan.