Martabak manis
Rencana Usaha
Nama
Usaha :
Martabak Manis ISTIKOMAH
Nama
Penyusun Rencana Usaha : Istikomah
Alamat
:
Desa Sumberagung Rt.02 Rw.3
Alamat
Tempat Usaha : Jl.
Lingkar Utara Weleri
Nama
Jalan :
Jl. Lingkar Utara Weleri
No :
05
Kelurahan
:
Sumberagung
Kota
Kecamatan :
Weleri
Kabupaten
:
Kendal
Nama
Jalan :
Jl. Lingkar Utara Weleri
Kode
Pos :
51355
Telp
/ Fax :
0294 33333301
Email
:
Martabakmanis_istikomah@yahoo.com
I.
LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam
aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah
hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas
yang dijalani dan jugs pasti perlu memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat
beat tubuh. Makanan-makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi
makanan ini begitu sangat sederhana, dan baik dikonsumsi ketika malam hari agar
terlihat lebih istimewa dipandangan masyarakat. Dengan makanan ini dilakukan
dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga
dengan harga yang terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk
membelinya dengan rasa yang cukup enak, nikmat, dan lezat.
Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “ Martabak Manis ” untuk
dijualnya karena untuk mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak lupa
makanan khas Indonesia,karena makanan ini merupakan makanan selingan dan baik
untuk dikonsumsi.
II.
TUJUAN
Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu :
1.
Mencari
keuntungan / laba
2.
Menarik
minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal.
3.
Mencapai
target penjualan.
III.
SEGMENTASI PRODUK
Menganalisis potensi pasar dalam menjalankan usaha ini harus
mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima
oleh semua kalangan masyarakat (konsumen). Menentukan objek pasar dalam
menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah
dijangkau masyarakat (konsumen). Menetapkan target / sasaran pasar dalam
menjalankan usaha harus menetapkan target / sasaran pasar usaha dengan cara
melihat perbedaannya, agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam
membelinya.
IV.
KEUNGGULAN PRODUK
Keunggulan
dari produk ini yaitu :
1.
Memiliki
berbagai macam-macam bentuk.
2.
Memiliki
berbagai macam-macam rasa.
3.
Bahan
produk yang higienis
V.
ANALISA SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usah saya harus mengukur kemampuan
saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT :
1.
Strength
(kekuatan) kekuatan dari produk ini ialah :
Ø Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
(satu) produk terdiri dari
beberapa macam bentuk dan rasa. Bahan
produk yang terjamin dan higienis.
2.
Weakness
(kelemahan) Kelemahan dari produk ini ialah :
Ø Tidak dapat taham lama.
Ø Produknya mudah ditiru.
3.
Opportunity
(peluang) Peluangnya ialah :
Ø Tempat strategis
Ø Fasilitas yang cukup memadai
VI.
ANALISA 4P
1.
Product
(produk)
Produk yang dijual adalah “Martabak
Manis” yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2.
Price
(harga)
Harga perporsi Rp. 12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan
relative murah. Promotion (promosi) dalam melakukan promosi produk ini dengan
menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi disetiap pembelian 1 paket
dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
3.
Place
(tempat)
Tempat yang
dipilih yaitu di Jl Lingkar Utara Weleri karena letaknya cukup strategis dan
mudah dijangkau masyarakat (konsumen).
VII.ASPEK KEUANGAN
1.
Aspek
Modal
Bahan Baku :
1.
Terigu
2 Kg :
Rp. 14.000
2.
Telur
1 Kg :
Rp. 12.000
3.
Gula
pasir 1 Kg : Rp. 10.000
4.
Air :
Rp. -
5.
Garam :
Rp. 2.000
6.
Soda
kue :
Rp. 3.000
7.
Blue
band :
Rp. 5.000
8.
Pewarna
kuning : Rp. 3.500
9.
Fermipan
(pengembang soda) : Rp. 3.500 +
: Rp. 53.000
+ Rp. 53.000
Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2Kg : Rp.
5.000
2. Meises : Rp. 5.000
3. Keju : Rp. 11.000
4. Susu kental manic : Rp. 7.000
5. Wijen : Rp. 5.000
+
: Rp. 33.000
Bahan Baku Tambahan :
1. Kardus : Rp. 5.000
2. Piring plastic : Rp.
8.000
3. Garpu : Rp. 7.000
4. Pisan : Rp. 5.000
: Rp. 25.000
Modal Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos
angkut Rp. 53.000 + Rp. 33.000 + Rp. 25.000 + Rp 500 = Rp. 111.500.
2.
Perhitungan
Keuntungan
Harga j ual : Rp. 12. 000 x 40 porsi = Rp. 480.000
Harga Pokok Produk perunit :
Harga beli bahan baku : Rp. 2.150
Harga beli bahan tambahan : Rp. 625
Ongkos angkut :
Rp. 500
+
: Rp. 3.275
Jumlah Hpp : Rp. 3.275 x 40 porsi
Rp. 131.000
Laba kotor Rp. 349.000
Biaya penjualan :
Biaya pembuatan brosur : Rp. 30.000
Biaya transportasi :
Rp. 30.000
Biaya sewa tempat :
Rp. 25.000
Biaya listrik dan air : Rp. 10.000
Biaya komunikasi :
Rp. 20.000
Biaya lainnya :
Rp. 10.000
+ : Rp.
125.000
Laba
bersih : Rp. 224.000
Perhitungan margin keuntungan
Rp. 224.000 x 100% = 46,66%
Rp.480.000
VIII.
PENUTUP
Harapan saya untuk produk “Martabak Manis” ialah supaya produk ini
bisa lebih berkembang dan maju. Di samping itu, saya mengharapkan supaya produk
makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar