MATERI BEMBELAJARAN
GAYA
F. GAYA GESEK
Gaya
gesek adalah akibat sentuhan akibat langsung
dari dua arah dari gaya gesek selalu melawan kecenderungan gerakan
berbeda
Contah dari gaya gesek :
.
Ketika kamu menarik meja akan terjadi gaya gesek antara kaki meja dengan lantai
.
Ketika kamu menarik rem, Sepedamu akan berhenti karna ada tarikan dan dorongan yang berlawanan denagan arah
gerakmu sehingga sepedanya berhenti karna dorongan atau tarikan itu terjadi
sebagai hasil gesakan antara karet rem dengan pelek pada roda sepedanya
berhenti karna dorongan atau tarikan itu terjadi sebagai hasil gesekan antara karet rem dengan pelek pada
roda sepeda yang bergesekan.
Gaya gesek di sebut dengan gaya sentuh
karna hasil-hasil persentuhan langsung
dua permukaan yang ber gesekan
Gaya gesek di bedakan menjadi dua, yaitu
:
1. Gaya
gesek setatif
2. Gaya
gesek setatif maksimum
. Gaya gesek statif adalah besar
gaya gesek yang selalu sama dengan gaya tarikannya ketika benda belum bergerak.
. Gaya gesek statif maksimum adalah
besar gaya gesek yang selalu sama dengan gaya tariknya ketika benda bergerak.
1.
NENGURANGI
GAYA GESEK
Besarnya gaya gesek bergantung pada
kekasaran permukaan benda yang
bergerak. Semakin kasar permukaan
yang bergasakan, semakin besar pula gaya gesekan.
Itulah sebabnya alas sepatu dibuat
bergrigi agar pemakai dapat berjalan dengan lancar. Apabila sedang berjalan di
tempat yang licin
Gaya gesek pun
dapat dapat terjadi di udara dan di air. Keadaan inilah yang membuat
motor boat atau pesawat terbang di rancang runcing di bagian depan nya, hal
tersebut di lakukan untuk mengurangi gaya gesak adalah dengan memperkecil gaya
gesek dengan menggunakan roda pada perkembanganya rosa terbuat dari batu,
kemudian kayu dan pada akhirnya ban karet sampai sekarang ini.
2.
GAYA
GESEK YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN
Dalam kehidupan sehari-hari kamu tentu
mengenai bahwa gaya gesek ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan
Merugikan
dan menguntugkannya bergantung pada keadaan misalnya apabila kamu sedang
berjalan tentu kamu memilih permukaan yang kasar? Karena kamu akan kesulitan
apabila berjalan di tempat yang licin dalam hal ini termasuk gaya gesek yang
menguntungkan bagi manusia.
Mengapa ban mobil dibuat bergrigi,
tentu hal ini dibuat supaya mobil dapat bergerak dengan baik pada kejadian
inipun gaya gesek yang sangat menguntungkan, namun apa bila jalanya rusak dan
kasar ban mobil akan cepat habis sehingga hal ini merugikan.
Sukorjo,
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Guru
Praktikan
MUHAMMAD
Rofi`i, B. T Nur Mahyuni
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
NAMA
SEKOLAH : MTS DARUL AMANAH
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS
/ SEMESTER : VIII /
GENAP
Standar
Kompetensi : 1. Memahami peranan gaya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendefinisikan jenis-jenis gaya dan
pengaruhnya
pada suatu benda yang dikenai gaya.
Indikator : 1. Menjelaskan terjadinya gaya gesek dan cara
Menguraginya
Alokasi
waktu : 2X40 menit ( 1X Pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran siswa di harapkan dapat:
1. Menyebutkan
penyebab-penyebab terjadinya gaya gesek
2. Menjelaskan
penyebab bagaiman cara mengurangi gaya gesek pada suatu benda
3. Memberikan
contoh adanya gaya gesekan yang merugikan dan menguntungkan.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan
penyebab terjadinya gaya gesek
2. Mengurangi
gaya gesek pada suatu benda
3. Memberikan
contoh adanya gaya gesek yang merugikan
dan menguntungkan
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Penguasaan
3. Tanya
jawab
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Do’a bersama
2.
Apresepsi
Guru mempersiapkan
kelas untuk memulai pembelajaran
3.
Preetest
Guru menanyakan
kepada siswa tentang materi kemarin
|
10, Menit
|
|
2.
|
Kegiatan inti
1.
Siswa
mendengarkan penjelasan tentang penyebab-penyebab terjadinya gaya gesek dan
cara mengurangi gaya gesek pasa suatu benda
2.
Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh dari gaya gesek
3.
Guru
memberikan contoh tentang gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan
4.
Salah satu
siswa di minta untuk memberi contoh
tentang gaya gesek yang menguntungkan
5.
Guru memberi
kesempatan kepada siswa tentang hal-hal yang kurang jelas
6.
Siswa
mengerjakan soal
|
55, menit
|
|
3.
|
Kegiatan akhir
1.
Menyimpulkan
materi-materi yang tadi di bahas
2.
Penutupan
|
15, menit
|
|
E. SUMBER PEN\MBELAJARAN
1. Buku
IPA Fisika Kelas VIII ( Intan Pariwara ) ( Elangga ) dan Buku IPA Kelas VIII (
Yudistira )
2. Buku
IPA (membuka cakrawala sekitar) Erlangga dan buku IPA kelas VII, Yudistira.
F. MEDIA
1. Papan
Tulis
2. Alat-alat
Tulis
3. Lembar
Soal
G. PENILAIAN
Telehnik : Tertulis
Bentuk : Pilihan Ganda 10 Butir
Sukorjo,
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Guru
Praktikan
Suwardi,
S. Pd.
Nur Mahyuni
Nama :
Kelas :
|
1. Cara
memperkecil gaya gesek adalah cara :
a. Menambah
gaya tarik
b. Memperkecil
gaya tarik
c. Memperhalus
permukaan yang bergesekan
d. Memperkasar
permukaan yang bergesekan
2. Gaya
akibat sentuhan langsung dua permukaan di sebut :
a. Gaya
dorong
b. Gaya
gesek
c. Gaya
tarik
d. Gaya
grafitasi bumi
3. Apa
yang dimaksud dengan gaya sentuh
a. Gaya
yang terjadi akibat sentuhan langsung
b. Gaya
akibat sentuhan langsung dua permukaan
c. Tarikan
atau dorongan yang memiliki arah
d. Gaya
yang ter jadi akibat gosokan
4. Pada
permukaan yang kasar gaya geseknya menjadi
a. Hilang
b. Tetap
c. Kecil
d. Besar
5. Gaya
gesek di sebut juga
a. Gaya
tarik
b. Gaya
sentuh
c. Gaya
grafitasu buni
d. Gaya
dorong
6. Contoh
gaya gesek yang menguntungkan adalah :
a. Gesekan
antara kapal selam dan air
b. Gesekan
pesawat terbang dan air
c. Gesekan
antara mesin kendaraan pad torak mesin dan silindernya
d. Gesekan
antara kanvas rem dan piringnya
7. Alat
pengukur gaya adalah
a. Termometer
b. Dinamo
meter
c. Baro
meter
d. Argo
meter
8. Apa
yang di maksut dengan gaya
a. Sentuhan
dan dorongan
b. Tarikan
atau pegangan
c. Tarikan
atau dorongan
d. Dorongan
dan pegangan
9. Sebuah
benda yang di pengaruhi dua buah gaya di katakan seimbang jika kedua gaya
tersebut :
a. Sama
tinggi dan berlawanan arah
b. Sama
besar dan berlawanan arah
c. Sama
lebar dan berlawanan arah
d. Sama
panjang dan berlawanan arah
10. Besar
gaya gesek tergantung dengan
a. Kekasaran
permukaan benda yang bergesekan
b. Dataran
permukaan benda yang bergesekan
c. Kehalusan
permukaan benda yang bergesekan
d. Dorongan
permukaan benda yang bergesekan
Sukorjo,
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Guru
Praktikan
MUHAMMAD
Rofi`i, B. T Nur Mahyuni
KUNCI JAWABAN
1. C
2. B
3. A
4. D
5. B
6. D
7. A
8. C
9. B
10. A
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
NAMA
SEKOLAH : MTS DARUL AMANAH
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS
/ SEMESTER : VIII /
GENAP
Standar
Kompetensi : 6. Memahami peranan usaha, gaya dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar : 6.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, pen-
jumlahan
gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
Indikator : 1. Menunjukkan contoh adanya gaya gerak
yang
menguntungkan dan merugikan.
Alokasi
waktu : 2 X 40 menit ( 1 X Pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
pembelajaran siswa di harapkan dapat:
1. Mendefisinikan
pengertian gaya gesek
2. Menyebutkan
gaya gesek yang merugikan dan menguntungkan
3. Mengetahui
bagaimana cara membedakan berat dan masa menggunakan alat.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian
gaya gesek
2. Gaya
gesek yang merugikan dan menguntungkan
3. Perbedaan
antara berat dan masa dengan alat
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Penguasaan
3. Tanya
jawab
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Appersepsi
Guru mempersiapkan
kelas untuk memulai pembelajaran
2.
Memotivasi
Siswa mendengarkan
peranan gaya dan keuntungan atau kerigian yang terjadi dalam kehidupan
sehari-hari
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan inti
1.
Guru menjelaskan
tentang gaya gesek.
2.
Guru
menjelaskan faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaya gesek.
3.
Guru
memberikan contoh hal yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Guru menjelaskan
perbedaan berat dan masa dan menghubungkan dengan rumus.
5.
Siswa diminta
menjelaskan perbedaan berat dan masa dengan menghubungakan dengan rumus.
6.
Siswa diminta
memberikan contoh hal yang menguntungkan dan merugikan gaya gesek dalam
kehidupan sehari-hari.
7.
Guru
menanyakan kembali kepada siswa tentang materi yang kurang jelas.
8.
Siswa
mengerjakan soal.
|
60 menit
|
|
3.
|
Kegiatan akhir
1.
Menyimpulkan
materi-materi yang tadi di bahas
2.
Penutupan
|
15 menit
|
|
E. SUMBER PEN\MBELAJARAN
1. Pusat
perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 208, Saeful Karim, Ida
Kaniawati, hlm. 174 – 177.
2. Putra
Angkasa Tahun 2006, Sutarjo, S. Pd., A. Mahendra, S. Pd., hlm. 11-12.
F. MEDIA
1. Papan
Tulis
2. Alat-alat
Tulis
3. Lembar
Soal
G. PENILAIAN
Teknik : Tertulis
Bentuk :
-
Pilihan Ganda : 3 Butir
-
Uraian : 3 Butir
Sukorejo,
Mengetahui,
Guru
Pamong Guru
Praktikan
Ustadzah
Karmini, S.Pd.I Dzika
Nur Laili
LAMPIRAN SOAL
1.
Berapakah berat
sebuah benda dengan masa 5 kg, bila benda tersebut mendapatkan pengaruh percepatan
gravitasi bumi 20 m/s ?
a. 4
N c.
25 N
b. 100
N d.
15 N
2.
Kalau kita
mengepel lantai, kita menggunakan gaya otot, maka peristiwa ini terdapat suatu
gaya yang meawan gaya otot. Gaya ini dinamakan ...
a. Gaya
pegas
b. Gaya
berat
c. Gaya
grafitasi bumi
d. Gaya
gesekan
3.
Berikut ini
merupakan faktor yang mempengaruhi besar keci gesekan adalah :
1) Kekasaran/
kehalusan
2) Gaya
berat
3) Luas
gesekan
4) Perubahan
gerak
Pernyataan
yang benar adalah ....
a. 3
saja
b. 1
dan 4
c. 1
dan 2
d. 2
dan 4
4.
Alat untuk
mengukur agaya adalah .....
5.
Berat merupakan
besaran vektor, sedangkan masa merupakan ...
6.
Gaya gesek
dibagi menjadi 2, yaitu gaya gesek..... dan.....
Sukorjo,
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Guru
Praktikan
MUHAMMAD
Rofi`i, B. T Dzika
Nur Laili
MATERI BEMBELAJARAN
GAYA
F. GAYA
GESEK
Gaya gesek
adalah suatu gaya yang melawan gerak benda pada suatu permukaan. Gaya gesek
ditimbulkan oleh dua buah benda yang bergesekkan dan arahnya berlawanan dengan
kecenderungan arah gerak benda, gaya gesek juga dapat menyebabkan gerak laju
benda terhambat. Gaya untuk memperkecil gesekan disebut AERODINAMIS
Contoh :
-
Mobil yang
berjalan dijalan raya
-
Penerjun bebas
membuka parasutnya pada jarak tertentu di atas tanah sehingga dapat selamat.
Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaya gesek
ada 3, yaitu :
1. Kekasaran/
kehalusan benda yang bergesekan
2. Luar
permukaan benda yang bergesekkan
3. Gaya
berat benda yang bergesekkan
Selain menuntungkan, gaya gesek juga dapa merugikan
dalam kehidupan sehari-hari. Gaya gesek yang dapat menguntngkan antara lain :
a. Alat
pengasah pisau dapat menanjamkan pisau
b. Permukaan
jalan raya dibuat kasar, agar mobil tidak tergelincir sewaktu bergerak.
Gaya gesek yang dapat merugikan antara lain :
a. Ban
kendaraan menjadi halus karena adanya gesekan dengan jalan.
b. Mesin
kendaraan bermotor menjad halus karena adanya gesekan dalam mesin tersebut.
Semua gaya gesek dapat dikurangi atau diperkecil
dengan cara sebagai berikut :
1. Memperlicin
permukaan, misalnya dengan memberi oli pada permukaan.
2. Mendukung
benda di atas roda.
3. Memisahkan
kedua permukaan yang bersentuhan dengan udara, misalnya : bagian dasar kapal
laut yang berupa pelampung.
Gaya gesek dibagi menjadi dua yaitu :
a. Gaya
gesek statis : gaya gesek dari diam sampai saat bergerak
b. Gaya
gesek kinetis : gaya gesek yang timbul ketika sudah bergerak.
G. BERAT BENDA dan MASSA BENDA
Berat benda
adalah gaya grafitasi atau gaya tarik bumi yang bekerja pada benda tersebut.
Maka benda
merupakan besaran vektor, sedangkan masa merupakan besaran skalar.
W = m x 9
|
W = m x 9
|
W = m x 9
|
à à
Keterangan : g : percepatan
gravitasi (m/s2)
w : berat benda ( N )
m : Masa Benda ( kg )
. Percepatan
gravitasi bumi makin mecil ( 9 ) pada suatu tempat berbeda tergantung pada jaraknya
dari pusat bumi. Makin jauh suatu tempat dari pusat bumi makin kecil percepatan
grvitasi
. Percepatan
gravitasi di kutub lebih besar dari pada di khatulistiwa atau dengan kata lain
berat benda di kutub lebih besar dari pada di khatulistiwa.
. Masa Benda
selau tetap besarnya di manapun berada.
Perbedaan
Antara Berat Benda dan Masa Benda
No
|
Massa
|
Berat
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Mengutamakan Jumlah dalam benda
Simbolnya m
Besar pokok dan skalar Besarnya selalu
tetap
Satuannya kg atau gr
Alat ukur : neraca sama lengan/neraca
otaus
|
-
Mengutamakan
besar gaya gravitasi
-
Simbolnya W
-
Besaran
turunan dan vektor
-
Besarnya
berubah-ubah menurut tempatnya
-
Saatuannya N
atau dine
-
Alat ukur :
neraca pegas / dinamometer
|
Sukorjo,
Mengetahui,
Guru
Mata Pelajaran Guru
Praktikan
MUHAMMAD
Rofi`i, B. T Dzika
Nur Laili
Nama :
Kelas :
|
Jawablah
pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat !
1. Salah
seorang Dai harus bersikap sabar dalam menghadapi orang-orang yang mendustakan
Islam. Kesabaran seperti ini sebagai cerminan dari sikap.
2. Sebutkan
dampak positif dari sifat toleransi minimal 2
3. Sebutkan
dampak positif dari sifat fanatik minimal 3
4. Tuliskan
salah satu dalil sabar dalam menghadapi sikap orang-orang yang mendustakan
Islam ?
إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ
الْإِسْلَامُ
5. Jelaskan
maksud yang terkandung dalam ayat tersebut..
“Selamat Mengerjakan”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar