Jumat, 03 Februari 2012

MATERI BEMBELAJARAN GAYA gesek


MATERI  BEMBELAJARAN
GAYA
F. GAYA GESEK
            Gaya gesek adalah akibat sentuhan akibat langsung  dari dua arah dari gaya gesek selalu melawan kecenderungan gerakan berbeda
Contah dari gaya gesek :
            . Ketika kamu menarik meja akan terjadi gaya gesek antara kaki meja dengan lantai
. Ketika kamu menarik rem, Sepedamu akan berhenti karna ada tarikan dan      dorongan yang berlawanan denagan arah gerakmu sehingga sepedanya berhenti karna dorongan atau tarikan itu terjadi sebagai hasil gesakan antara karet rem dengan pelek pada roda sepedanya berhenti karna dorongan atau tarikan itu terjadi sebagai hasil  gesekan antara karet rem dengan pelek pada roda sepeda yang bergesekan.
Gaya gesek di sebut dengan gaya sentuh karna  hasil-hasil persentuhan langsung dua permukaan yang ber gesekan
Gaya gesek di bedakan menjadi dua, yaitu :
1.      Gaya gesek setatif
2.      Gaya gesek setatif maksimum
. Gaya gesek statif adalah besar gaya gesek yang selalu sama  dengan  gaya tarikannya ketika benda belum bergerak.
. Gaya gesek statif maksimum adalah besar gaya gesek yang selalu sama dengan gaya tariknya ketika benda bergerak.
1.      NENGURANGI GAYA GESEK
Besarnya gaya gesek bergantung pada kekasaran permukaan benda yang
bergerak. Semakin kasar permukaan yang bergasakan, semakin besar pula gaya gesekan.
Itulah sebabnya alas sepatu dibuat bergrigi agar pemakai dapat berjalan dengan lancar. Apabila sedang berjalan di tempat yang licin
 Gaya gesek pun  dapat dapat terjadi di udara dan di air. Keadaan inilah yang membuat motor boat atau pesawat terbang di rancang runcing di bagian depan nya, hal tersebut di lakukan untuk mengurangi gaya gesak adalah dengan memperkecil gaya gesek dengan menggunakan roda pada perkembanganya rosa terbuat dari batu, kemudian kayu dan pada akhirnya ban karet sampai sekarang ini.
2.      GAYA GESEK YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN
     Dalam kehidupan sehari-hari kamu tentu mengenai bahwa gaya gesek ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan
Merugikan dan menguntugkannya bergantung pada keadaan misalnya apabila kamu sedang berjalan tentu kamu memilih permukaan yang kasar? Karena kamu akan kesulitan apabila berjalan di tempat yang licin dalam hal ini termasuk gaya gesek yang menguntungkan bagi manusia.
            Mengapa ban mobil dibuat bergrigi, tentu hal ini dibuat supaya mobil dapat bergerak dengan baik pada kejadian inipun gaya gesek yang sangat menguntungkan, namun apa bila jalanya rusak dan kasar ban mobil akan cepat habis sehingga hal ini merugikan.









Sukorjo,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                               Guru Praktikan



MUHAMMAD Rofi`i, B. T                                                          Nur Mahyuni







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

NAMA SEKOLAH                                       :  MTS DARUL AMANAH
MATA PELAJARAN                                                :  ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER                                   :  VIII / GENAP
Standar Kompetensi                                       :  1. Memahami peranan gaya dalam kehidupan                                                                            sehari-hari
Kompetensi Dasar                                           :  1.1 Mendefinisikan jenis-jenis gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
Indikator                                                         :  1. Menjelaskan terjadinya gaya gesek dan cara
                                                                               Menguraginya
Alokasi waktu                                                 :  2X40 menit ( 1X Pertemuan )

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran siswa di harapkan dapat:
1.      Menyebutkan penyebab-penyebab terjadinya gaya gesek
2.      Menjelaskan penyebab bagaiman cara mengurangi gaya gesek pada suatu benda
3.      Memberikan contoh adanya gaya gesekan yang merugikan dan menguntungkan.
B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menjelaskan penyebab terjadinya gaya gesek
2.      Mengurangi gaya gesek pada suatu benda
3.      Memberikan contoh adanya  gaya gesek yang merugikan dan menguntungkan
C.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Penguasaan
3.      Tanya jawab






D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alokasi Waktu
Ket
1.
Pendahuluan
1.      Do’a bersama
2.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk memulai pembelajaran
3.      Preetest
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi kemarin
10, Menit

2.
Kegiatan inti
1.      Siswa mendengarkan penjelasan tentang penyebab-penyebab terjadinya gaya gesek dan cara mengurangi gaya gesek pasa suatu benda
2.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh dari gaya gesek
3.      Guru memberikan contoh tentang gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan
4.      Salah satu siswa  di minta untuk memberi contoh tentang gaya gesek yang menguntungkan
5.      Guru memberi kesempatan kepada siswa tentang hal-hal yang kurang jelas
6.      Siswa mengerjakan soal
55, menit

3.
Kegiatan akhir
1.      Menyimpulkan materi-materi yang tadi di bahas
2.      Penutupan
15, menit


E.     SUMBER PEN\MBELAJARAN
1.      Buku IPA Fisika Kelas VIII ( Intan Pariwara ) ( Elangga ) dan Buku IPA Kelas VIII ( Yudistira )
2.      Buku IPA (membuka cakrawala sekitar) Erlangga dan buku IPA kelas VII, Yudistira.



F.     MEDIA
1.      Papan Tulis
2.      Alat-alat Tulis
3.      Lembar Soal
G.    PENILAIAN
Telehnik          :           Tertulis
Bentuk                        :           Pilihan Ganda 10 Butir








Sukorjo,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                               Guru Praktikan



Suwardi, S. Pd.                                                                   Nur Mahyuni












LAMPIRAN SOAL

1.      Cara memperkecil gaya gesek adalah cara :
a.       Menambah gaya tarik
b.      Memperkecil gaya tarik
c.       Memperhalus permukaan yang bergesekan
d.      Memperkasar permukaan yang bergesekan
2.      Gaya akibat sentuhan langsung dua permukaan di sebut :
a.       Gaya dorong
b.      Gaya gesek
c.       Gaya tarik
d.      Gaya grafitasi bumi
3.      Apa yang dimaksud dengan gaya sentuh
a.       Gaya yang terjadi akibat sentuhan langsung
b.      Gaya akibat sentuhan langsung dua permukaan
c.       Tarikan atau dorongan yang memiliki arah
d.      Gaya yang ter jadi akibat gosokan
4.      Pada permukaan yang kasar gaya geseknya menjadi
a.       Hilang
b.      Tetap
c.       Kecil
d.      Besar
5.      Gaya gesek di sebut juga
a.       Gaya tarik
b.      Gaya sentuh
c.       Gaya grafitasu buni
d.      Gaya dorong
6.      Contoh gaya gesek yang menguntungkan adalah :
a.       Gesekan antara kapal selam dan air
b.      Gesekan pesawat terbang dan air
c.       Gesekan antara mesin kendaraan pad torak mesin dan silindernya
d.      Gesekan antara kanvas rem dan piringnya

7.      Alat pengukur gaya adalah
a.       Termometer
b.      Dinamo meter
c.       Baro meter
d.      Argo meter
8.      Apa yang di maksut dengan gaya
a.       Sentuhan dan dorongan
b.      Tarikan atau pegangan
c.       Tarikan atau dorongan
d.      Dorongan dan pegangan
9.      Sebuah benda yang di pengaruhi dua buah gaya di katakan seimbang jika kedua gaya tersebut :
a.       Sama tinggi dan berlawanan arah
b.      Sama besar dan berlawanan arah
c.       Sama lebar dan berlawanan arah
d.      Sama panjang dan berlawanan arah
10.  Besar gaya gesek tergantung dengan
a.       Kekasaran permukaan benda yang bergesekan
b.      Dataran permukaan benda yang bergesekan
c.       Kehalusan permukaan benda yang bergesekan
d.      Dorongan permukaan benda yang bergesekan



Sukorjo,
  Mengetahui,
 Guru Mata Pelajaran                                                              Guru Praktikan



MUHAMMAD Rofi`i, B. T                                                          Nur Mahyuni



KUNCI JAWABAN

1.      C
2.      B
3.      A
4.      D
5.      B
6.      D
7.      A
8.      C
9.      B
10.  A






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

NAMA SEKOLAH                                       :  MTS DARUL AMANAH
MATA PELAJARAN                                                :  ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER                                   :  VIII / GENAP
Standar Kompetensi                                         :  6. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar                                           :  6.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, pen-
jumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
Indikator                                                         :  1. Menunjukkan contoh adanya gaya gerak
yang menguntungkan dan merugikan.
Alokasi waktu                                                 :  2 X 40 menit ( 1 X Pertemuan )

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran siswa di harapkan dapat:
1.      Mendefisinikan pengertian gaya gesek
2.      Menyebutkan gaya gesek yang merugikan dan menguntungkan
3.      Mengetahui bagaimana cara membedakan berat dan masa menggunakan alat.
B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian gaya gesek
2.      Gaya gesek yang merugikan dan menguntungkan
3.      Perbedaan antara berat dan masa dengan alat
C.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Penguasaan
3.      Tanya jawab






D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alokasi Waktu
Ket
1.
Pendahuluan
1.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk memulai pembelajaran
2.      Memotivasi
Siswa mendengarkan peranan gaya dan keuntungan atau kerigian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
5 Menit

2.
Kegiatan inti
1.      Guru menjelaskan tentang gaya gesek.
2.      Guru menjelaskan faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaya gesek.
3.      Guru memberikan contoh hal yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menjelaskan perbedaan berat dan masa dan menghubungkan dengan rumus.
5.      Siswa diminta menjelaskan perbedaan berat dan masa dengan menghubungakan dengan rumus.
6.      Siswa diminta memberikan contoh hal yang menguntungkan dan merugikan gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang materi yang kurang jelas.
8.      Siswa mengerjakan soal.
60 menit

3.
Kegiatan akhir
1.      Menyimpulkan materi-materi yang tadi di bahas
2.      Penutupan
15 menit


E.     SUMBER PEN\MBELAJARAN
1.      Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 208, Saeful Karim, Ida Kaniawati, hlm. 174 – 177.
2.      Putra Angkasa Tahun 2006, Sutarjo, S. Pd., A. Mahendra, S. Pd., hlm. 11-12.
F.     MEDIA
1.      Papan Tulis
2.      Alat-alat Tulis
3.      Lembar Soal
G.    PENILAIAN
Telehnik          :           Tertulis
Bentuk                        :
-          Pilihan Ganda      : 3 Butir
-          Uraian                  : 3 Butir



Sukorjo,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                               Guru Praktikan



Ustadzah Karmini                                                               Dzika Nur Laili















LAMPIRAN SOAL

1.        Berapakah berat sebuah benda dengan masa 5 kg, bila benda tersebut mendapatkan pengaruh percepatan gravitasi bumi 20 m/s ?
a.       4 N                                         c. 25 N
b.      100 N                                     d. 15 N
2.        Kalau kita mengepel lantai, kita menggunakan gaya otot, maka peristiwa ini terdapat suatu gaya yang meawan gaya otot. Gaya ini dinamakan ...
a.       Gaya pegas
b.      Gaya berat
c.       Gaya grafitasi bumi
d.      Gaya gesekan
3.        Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi besar keci gesekan adalah :
1)      Kekasaran/ kehalusan
2)      Gaya berat
3)      Luas gesekan
4)      Perubahan gerak
Pernyataan yang benar adalah ....
a.       3 saja
b.      1 dan 4
c.       1 dan 2
d.      2 dan 4
4.        Alat untuk mengukur agaya adalah .....
5.        Berat merupakan besaran vektor, sedangkan masa merupakan ...
6.        Gaya gesek dibagi menjadi 2, yaitu gaya gesek..... dan.....

Sukorjo,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                               Guru Praktikan



MUHAMMAD Rofi`i, B. T                                                       Dzika Nur Laili

MATERI  BEMBELAJARAN
GAYA
F.       GAYA GESEK
Gaya gesek adalah suatu gaya yang melawan gerak benda pada suatu permukaan. Gaya gesek ditimbulkan oleh dua buah benda yang bergesekkan dan arahnya berlawanan dengan kecenderungan arah gerak benda, gaya gesek juga dapat menyebabkan gerak laju benda terhambat. Gaya untuk memperkecil gesekan disebut AERODINAMIS
Contoh :
-          Mobil yang berjalan dijalan raya
-          Penerjun bebas membuka parasutnya pada jarak tertentu di atas tanah sehingga dapat selamat.
Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaya gesek ada 3, yaitu :
1.      Kekasaran/ kehalusan benda yang bergesekan
2.      Luar permukaan benda yang bergesekkan
3.      Gaya berat benda yang bergesekkan
Selain menuntungkan, gaya gesek juga dapa merugikan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya gesek yang dapat menguntngkan antara lain :
a.       Alat pengasah pisau dapat menanjamkan pisau
b.      Permukaan jalan raya dibuat kasar, agar mobil tidak tergelincir sewaktu bergerak.
Gaya gesek yang dapat merugikan antara lain :
a.       Ban kendaraan menjadi halus karena adanya gesekan dengan jalan.
b.      Mesin kendaraan bermotor menjad halus karena adanya gesekan dalam mesin tersebut.
Semua gaya gesek dapat dikurangi atau diperkecil dengan cara sebagai berikut :
1.      Memperlicin permukaan, misalnya dengan memberi oli pada permukaan.
2.      Mendukung benda di atas roda.
3.      Memisahkan kedua permukaan yang bersentuhan dengan udara, misalnya : bagian dasar kapal laut yang berupa pelampung.
Gaya gesek dibagi menjadi dua yaitu :
a.       Gaya gesek statis : gaya gesek dari diam sampai saat bergerak
b.      Gaya gesek kinetis : gaya gesek yang timbul ketika sudah bergerak.


G.      BERAT BENDA dan MASSA BENDA
Berat benda adalah gaya grafitasi atau gaya tarik bumi yang bekerja pada benda tersebut.
Maka benda merupakan besaran vektor, sedangkan masa merupakan besaran skalar.
W = m x 9
 
Hubungan antara berat dengan massa benda dapat dinyatakan dalam rumus :
W = m x 9
 
W = m x 9
 
                                        
                                                à                                                        à

Keterangan : g : percepatan gravitasi       (m/s2)
w : berat benda                   ( N )
No
Massa
Berat
1
2
3

-          Mengutamakan besar gaya gravitasi
-           

Sukorjo,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran                                                               Guru Praktikan



MUHAMMAD Rofi`i, B. T                                                         Dzika Nur Laili

Tidak ada komentar:

Posting Komentar